Trik Sukses Lolos Wawancara Kerja

Posted on

persiapan wawancara kerjaSetelah mengirimkan aplikasi lamaran dan ternyata surat lamaranmu masuk dalam kandidat yang diperhitungkan maka kamu akan dipanggil untuk menghadapi wawancara kerja.

Pada dasarnya ada 2 hal yang harus dipersiapkan dalam menghadapi wawancara kerja.

A. Teknis seputar ruang lingkup pekerjaan.

Bila kamu memang sudah punya pengalaman dalam bidang yang dilamar tentu akan lebih mudah dalam menghadapi wawancara kerja.

Namun meskipun begitu beberapa tips berikut akan lebih membantu kamu dalam menghadapi wawancara kerja.

1. Buatlah  catatan hal-hal yang mungkin ditanyakan, apa yang sudah kamu kerjakan dalam bidang pekerjaanmu sebelumnya dan cara menghadapi masalah yang timbul selama bekerja.

Catatan akan membantu kamu untuk mengorganisasikan pengetahuan yang kamu punya sehingga jawabanmu akan lebih jelas dan terarah.

2. Ada baiknya kamu mencari tahu bidang kerja dari perusahaan yang dilamar, sistem kerja termasuk waktu kerja dan besarnya gaji.

Siapa tahu kita mempunyai kerabat atau teman yang bekerja di perusahaan tersebut sehingga informasi tersebut bisa diperoleh.

Biasanya hal tersebut ditanyakan juga dalam wawancara seperti pertanyan apa yang anda ketahui tentang perusahaan kami.

Jika kita tidak punya teman atau kerabat yang bekerja di perusahaan tersebut maka kita bisa mengunjungi website perusahaan untuk mencari tahu lebih dalam tentang profile perusahaan.

3. Datanglah lebih awal sehingga tidak terlambat dalam menghadapi wawancara kerja. Terlambat memberi kesan yang tidak baik sehingga memberi nilai minus terhadap performmu walaupun hasil wawancaramu sebenarnya cukup baik.

4. Berpakaian yang bersih dan rapi. Penampilan tentu saja adalah hal pertama kali dilihat oleh pewawancara. Dengan berpenampilan yang bersih dan rapi kitapun akan semakin percaya diri dalam memberikan jawaban pewawancara.

B.  Selain hal teknis seputar pekerjaan tidak jarang pewawancara juga bertanya hal diluar itu untuk mengetahui lebih jauh tentang kandidat yang akan dipilih.

Biasanya pewawancara menggunakan metode standar wawancara kerja seperti pertanyaan apa motivasi anda melamar di perusahaan kami, coba ceritakan kepada kami tentang diri anda, apa kelemahan anda dan mengapa kami harus merekrut anda dalam team kami.

Dalam menghadapi pertanyaan ini tentunya kita harus menyiapkan jawaban yang jelas, tidak bertele-tele dan tentu saja tidak memberi kesan negatif terhadap pewawancara karena kita tidak siap menjawab pertanyaan tersebut.

Pertanyaaan seperti coba ceritakan apa kelemahan anda bisa jadi sangat merepotkan bila kita tidak mempunyai jawaban yang tepat karena ini bisa jadi pertanyaan jebakan.

Bila jawaban kita tidak tepat bisa jadi kita justru jatuh oleh jawaban kita sendiri.

Oleh karena itu untuk menghadapi petanyaan seperti ini pilihlah jawaban yang tidak memberi kesan kita akan kesulitan dalam mengerjakan pekerjaan kita hanya karena kelemahan yang kita punya.

Kita bisa memilih jawaban misalnya saya orangnya agak pelupa tetapi untuk mengatasinya saya biasanya mencatat hal-hal yang penting supaya tidak lupa.

Semoga trik di atas bisa membantu kamu sukses dalam menghadapi wawancara kerja di perusahaan idamanmu.

Salam sukses.

Pastikan kamu sudah like: facebook.com/lowonganmadiuncom atau follow twitter: @LowonganMadiun untuk dapatkan update lowongan terbaru sesuai dengan keahlianmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *