Sales Taking Order, Sekedar Mengambil Pesanan?

Posted on

sales taking order

Profil karier kali ini adalah tentang sales taking Order (TO).

Setelah sebelumnya berbicara tentang Sales motoris dan Sales Kanvas kali ini kita akan membahas tentang Sales Taking Order (TO).

Taking artinya adalah mengambil, sedangkan order maksudnya adalah pesanan.

Jadi apakah sales taking order adalah hanya sekedar mengambil pesanan dari toko? Di bawah akan kita diskusikan lebih jelas.

Sesungguhnya sales taking order adalah adalah salah satu bagian team marketing distributor yang bertugas untuk menghandle toko grosir, semi grosir dan retail di sepanjang jalur atau jalan utama.

Sebagaimana team sales lainnya tugas dan tanggung jawab dari sales taking order tidak bisa lepas dari target yang dibebankan oleh perusahan.

Target yang dibebankan perusahaan ada 2 yaitu target omzet (jumlah penjualan) dan jumlah Bon Penjualan (BP) yang harus tercetak setiap hari.

Selain itu kewajiban sales taking order adalah menyelesaikan tagihan toko karena biasanya untuk toko grosir atau semi grosir banyak yang melakukan pembelian secara kredit.

Berbeda dengan bila kita meminjam di Bank yang mana di situ harus ada jaminan yang diberikan bila kita tidak mampu melunasi pembayaran.

Sedangkan untuk sales tidak ada jaminan yang diberikan oleh toko, oleh karena itu menjadi kewajiban sales untuk menyeleksi toko mana yang bisa diberi fasilitas kredit mana yang tidak.

Tidak jarang apabila terjadi bedt debt (tagihan tidak terbayar) hal ini menjadi tanggung jawab Salesman itu sendiri untuk menyelesaikan tagihan toko yang tidak terbayar.

Tugas dan tanggungjawab sales taking order lainnya adalah memonitor aktifitas barang rusak/expired dan menggantinya dengan yang baik.

Tidak jarang pada perusahaan tertentu, perusahaan mengadakan limit (batasan) tertentu untuk barang yang rusak/expired, ini berarti sales harus juga menganalisa apakah suatu barang tertentu cocok bila dijual ditoko A atau B supaya ia tidak kembali ke kantor dalam kondisi expired.

Jadi berdasarkan gambaran profile diatas apakah sales taking order, sekedar mengambil pesanan dari toko?

Silakan disimpulkan sendiri.

Di jaman sekarang dimana persaingan semakin tinggi menuntut salesman untuk lebih kreatif dan mau bekerja keras dalam mencapai target perusahaan, terhindar dari bad debt maupun masalah yang lain dalam pekerjaan.

Pada akhirnya menjadi salesman taking order adalah salah satu profesi yang bisa dipilih dalam berkarier.

Incoming search terms:

  • tugas MD
  • job desk sales to
  • kerja sales to
  • tugas sales distributor
  • jobdesk sales to
  • sales to itu apa
  • taking order
  • pengertian taking order menurut para ahli
  • aplikasi sales taking order
  • taking order adalah
Pastikan kamu sudah like: facebook.com/lowonganmadiuncom atau follow twitter: @LowonganMadiun untuk dapatkan update lowongan terbaru sesuai dengan keahlianmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *